Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Infeksi novel coronavirus atau virus corona masih menjadi perhatian dunia hingga saat ini. Tak sedikit bahkan yang merasa khawatir dengan penyebaran virus yang sejauh ini diprediksi berasal dari Wuhan, China tersebut.

Meski nihil laporan, Kota Malang sampai sekarang juga menjadi salah satu kota yang waspada virus corona.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyampaikan, Kota Malang akan terus waspada hingga wabah virus corona dipastikan sudah dapat dikendalikan. 

Sehingga, setiap layanan kesehatan akan diterapkan sebagaimana skema yang ditetapkan oleh pemerintah.

Salah satunya adalah bekerja sama dengan layanan transportasi, baik darat, laut maupun udara. 

Kedatangan tamu, terutama yang berasal dari China akan mendapat perhatian selama virus corona masih menyebar. Seluruh tamu yang datang akan mendapat pemeriksaan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ada.

"Kami sudah kerjasama dengan Bandara Abdulrachman Saleh," katanya.

Husnul juga menyampaikan jika virus corona bisa disembuhkan. Dalam kasus yang ada di berbagai negara, penanganan yang dilakukan dapat memastikan pasiennya sembuh secara total. 

Namun dalam kondisi tertentu memang akan berbuah fatal. Terutama saat menyerang sistem pernafasan manusia.

"Virus corona bisa disembuhkan. Paling utama memang tergantung pada daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh turun memang bisa berakibat fatal. Terutama saat menyerang otot pernafasan," jelas Husnul.

Proses penyebaran virus ini diantaranya adalah melalui udara yang terinhalasi atau terhirup lewat hidung dan mulut. Sehingga masuk dalam saluran pernafasan. 

Itu sebabnya dia terus mengedukasi agar masyarakat tak gampang bersin atau batuk dimuka umum.

"Saat bersin dan batuk agar tak sembarangan, tapi mulut agar ditutup," terangnya lagi.

Sebagai informasi, gejala virus corona ini hampir sama dengan infeksi virus pernafasan lainnya. Gejala ringannya adalah flu disertai batuk dan ketika memberat akan mengakibatkan demam dan infeksi tenggorokan.