Aplikasi pengamanan mobil rental atau Car Rental Security Technology (CRESECH). (Foto: istimewa)
Aplikasi pengamanan mobil rental atau Car Rental Security Technology (CRESECH). (Foto: istimewa)

Selama ini, para pemilik rental atau jasa persewaan mobil punya ketakutan tersendiri. Yakni ketika mobil yang merupakan modal utama mereka, dilarikan atau dicuri oleh penyewanya.

Namun, sejumlah mahasiswa berusaha meminimalkan risiko itu dengan membangun sistem aplikasi pengamanan mobil rental atau Car Rental Security Technology (CRESECH).

Tim dari mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) itu menyebut bahwa CRESECH merupakan sebuah teknologi keamanan rental mobil yang mengintegrasikan GPS dan sensor ultrasonik berbasis IoT. Inovasi tersebut dapat memonitoring lokasi dan kondisi mobil rental.

Tim CRESECH terdiri atas Lailatul Fajriyati Farah Hasibah (Teknik Industri), Fairus Azizah Herlambang (Teknik Industri), Wahono Ridhoning Gusti (Vokasi Sistem Informasi), Riko Saputra Linhatama (Vokasi Teknologi Informasi), Maulana Derifato Achmad (Vokasi Teknologi Informasi), dan dosen pembimbing Ihwan Hamdala (Teknik Industri).

"CRESECH dapat mendeteksi adanya benturan saat masa penyewaan dan akan memberi peringatan pada peminjam apabila batas waktu peminjaman telah berakhir," jelas ketua Tim CRESECH, Lailatul.

Lailatul melanjutkan, jika tidak ada respon atau pengembalian dalam waktu 1×24 jam setelah masa penyewaan berakhir, maka sistem ini akan mengirimkan data lokasi mobil ke pemilik rental dan secara otomatis diteruskan ke kantor polisi terdekat.

Sistem CRESECH akan menghentikan aliran listrik pada mesin mobil dalam kondisi parkir sehingga mobil tidak dapat dinyalakan kembali.

Saat mobil berhenti, polisi akan lebih mudah untuk mencari serta mengamankan mobil rental yang diduga akan dicuri.

"Apabila sistem pengamanan alat dilepas dari mobil, akan secara langsung mematikan sistem kelistrikan mobil dan mengirim pesan peringatan kepada peminjam serta pemilik mobil," jelasnya.

Diharapkan dengan adanya integrasi sistem keamanan tersebut, dapat meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman mobil ke pihak rental serta memudahkan monitoring mobil rentalan.

Ke depan, tim masih membenahi penggunaan website untuk multi user. Bukan hanya dapat digunakan oleh satu user yaitu pemilik rental mobil, sehingga diharapkan ke depan konsumen dapat langsung memegang aplikasi dan dapat mencari rental mobil terdekat. 

Berkat inovasi ini, tim berhasil membawa penghargaan Silver Medal pada kompetisi Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx) 2020 yang digelar di Bangkok, Thailand belum lama ini.

Kompetisi inovasi IPITEx diselenggarakan oleh Badan Riset Nasional Thailand (National Research Council of Thailand), diikuti oleh lebih dari 100 inovator dari puluhan negara di dunia seperti Inggris, Korea Selatan, Arab Saudi, Indonesia, dan lainnya.