Di Jombang Ada Penitipan Kucing untuk Warga yang Mau Mudik Lebaran

Sejumlah kucing milik warga yang dititipkan di rumah kucing milik Wahyuni. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Sejumlah kucing milik warga yang dititipkan di rumah kucing milik Wahyuni. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES – Tak usah khawatir bagi para pecinta kucing yang hendak bepergian lama untuk keperluan mudik lebaran. Di Jombang ada tempat penitipan hewan peliharaan khusus kucing yang akan merawat hewan berbulu lembut ini.

Cat house atau rumah kucing milik Wahyuni Septiana (26) yang berlokasi di Dusun/Desa Puton No 79, Kecamatan Diwek setiap tahunnya melayani jasa penitipan kucing.

Rumah kucing ini terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Bak hotel bintang lima, kucing yang dititipkan di rumah kucing milik wanita yang berprofesi sebagai guru aliyah ini akan dimanjakan dengan grooming, vaksinasi untuk kesehatan kucing atau suntik vitamin, makanan, dan mainan khusus kucing untuk menghilangkan stres.

Kucing-kucing yang dititipkan di rumah kucing ini akan menempati kandang berbahan aluminium berukuran 30 sentimeter, dengan dilengkapi lampu penerangan di setiap kandangnya, serta tempat makan dan minum, dan juga tempat untuk buang air.

Dijelaskan Wahyuni, untuk bisa menikmati hotel khusus kucing ini, pemilik kucing cukup mengeluarkan kocek Rp 35-70 ribu untuk satu harinya.

Sebelum kucing dititipkan terlebih dahulu kucing melalui proses pengecekan kesehatan. Bila mana kondisi kucing kurang sehat, akan diberikan fasilitas ekstra yang juga akan mempengaruhi tarif jasa penitipan kucing.

"Untuk jasa kucing sehat yaitu grooming dan suntik vitamin, dan kalau untuk kucing kurang sehat biasanya kita fasilitasi dengan penyembuh kucing. Tarif antara Rp 35-75 ribu, tergantung penyakit atau jasa titip kucing ekstra itu sendiri," terangnya saat diwawancarai di lokasi rumah kucing miliknya, Jumat (17/5).

Sementara dikatakan Wahyuni, di waktu lebaran ini jasa penitipan kucingnya mengalami lonjakan hingga 30 persen dibanding hari-hari biasa. Hal tersebut lantaran banyak warga yang memilih menitipkan kucingnya saat akan mudik ke kampung halaman.

Penitipan kucing ini biasanya ramai pada H-5 menjelang lebaran hingga H+5 setelah lebaran. "Biasanya 15-20 ekor, kalau lebaran 20-35 ekor," bebernya.

Sedangkan, saat JombangTIMES berkunjung ke rumah kucing milik Wahyuni ini, sudah mulai ada pecinta kucing yang mulai menitipkan hewan peliharaannya. Ia adalah Siti Aminah (17), warga Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Kucing jenis Persia milik Aminah ini dititipkan lantaran ia bersama orang tuanya hendak mudik untuk lebaran di kampung halamannya. "Ini mau mudik, saya titipkan di sini. Takutnya kalau di rumah tidak ada yang ngerawat," ujarnya.

Menurut Aminah, dirinya setiap tahun selalu menitipkan kucingnya ini ke rumah kucing tersebut. Ia menilai penitipan kucing ini dinilai cukup baik dan tergolong murah. "Ini tarifnya Rp 50 ribu per-hari," pungkasnya.(*)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top