Ratusan Kasus Narkotika di Jombang Terungkap, Pil Koplo Mendominasi

Puluhan ribu pil koplo sebagai barang bukti tangkapan ditunjukkan oleh Satreskoba Polres Jombang saat pers release. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Puluhan ribu pil koplo sebagai barang bukti tangkapan ditunjukkan oleh Satreskoba Polres Jombang saat pers release. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES – Ratusan pelaku kasus narkotikan berhasil dibekuk Satreskoba Polres Jombang selama kurun waktu lima bulan. Yang terbanyak adalah pelaku penyalahgunaan obat keras berbahaya (okerbaya) jenis pil dobel L (pil koplo).

Dari data yang dihimpun JombangTIMES melalui Kasat Reskoba Polres Jombang AKP Moch. Mukid pada Rabu (15/5), ada sebanyak 139 kasus yang telah ia tangani sejak periode Januari-Mei 2019.

Dari jumlah kasus tersebut, dijelaskan AKP Mukid, terdapat 162 pelaku yang telah diamankan. Kasus okerbaya mendominasi tangkapan satreskoba, yakni 71 kasus dengan 82 tersangka.

Tangkapan tersebut, sambung Mukid, lebih tinggi dibanding kasus narkotika jenis sabu. Untuk narkotika, sebanyak 68 kasus yang ditangani dengan pelaku yang diamankan sebanyak 80 tersangka.

"Untuk okerbaya, 82 pelaku ini statusnya pengedar. Dan narkotika ada 42 pengedar," terang AKP Mukid saat diwawancarai di Mapolres Jombang.

Sedangkan untuk barang bukti, ada puluhan ribu pil koplo dan ratusan gram sabu yang berhasil diamankan dari ratusan pelaku tersebut. "Okerbaya sebanyak 89.365 butir pil koplo. Narkotika jenis sabu sebanyak 126,82 gram," bebernya.

Sementara, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, Mukid mengatakan, tersangka kasus sabu-sabu dijerat Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) sub Pasal 127 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Sementara tersangka kasus pil dobel L dijerat dengan pasal 197 sub Pasal 196 UU RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

"Untuk kasus narkotika ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara, dan kasus pil koplo (okerbaya) ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara," pungkasnya.

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top