Jokowi dan Prabowo akan Diundang untuk Berdialog pada Muktamar Muhammadiyah

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

JOMBANGTIMES, MALANG – Muhammadiyah akan menyelenggarakan permusyawaratan tertinggi yakni Muktamar pada tanggal 15 hingga 17 Februari nanti di Bengkulu.

Dalam Muktamar tersebut, Calon Presiden nomor urut 01 dan 02, Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai tokoh bangsa akan diundang. Hal ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir.

"Pak Jokowi maupun Pak Prabowo sebagai tokoh bangsa kita undang agar bisa berdialog sekaligus juga menyampaikan pikiran-pikiran kebangsaannya," ujarnya saat ditemui usai acara Sarasehan Kebangsaan Pra Tanwir di Theater Universitas Muhammadiyah (UMM) Dome tadi (7/2/2019).

Meski begitu, Haedar menegaskan bahwa Jokowi dan Prabowo hadir bukan untuk memaparkan visi misi karena memang itu bukan acara kampanye.

Haedar sendiri tidak menepis bahwa dua tokoh itu memang sedang berkontestasi. Namun, ia memberi kesempatan bagi keduanya untuk berdialog dalam Muktamar nanti.

"Kita beri kesempatan untuk berbagi pandangan dan pengalaman dan berdialog. Dan kami Muhammadiyah Insyaallah juga akan menjaga martabat Tanwir itu sebagai ajang untuk silaturahim nasional," tandasnya.

Untuk diketahui, Muktamar kali ini mengusung tema beragama yang mencerahkan. Menurut Haedar, dipilihnya tema tersebut bukan tanpa alasan. Sebab Muhammadiyah ingin menghadirkan perspektif keagamaan yang toleran.

"Jadi kita ingin menghadirkan perspektif keagamaan yang toleran, damai tetapi juga yang penuh pencerahan," ungkapnya.

"Jangan sampai politik menjadi pertandingan yang keras, jangan bawa isu keagamaan, suku, ras, dan antargolongan, maupun isu-isu politik yang sama radikalnya," imbuhnya.

Nah, yang disayangkan Haedar, di musim politik ini, masyarakat hingga tokoh agama terus dikuras energinya. Sehingga masyarakat kehilangan ritme dan peluang untuk kerja produktif.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top