Klaim Pembayaran BPJS Nunggak Puluhan Miliar, Pelayanan RSUD Jombang Terancam

Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran saat diwawancarai. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran saat diwawancarai. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang mengeluhkan tingginya tunggakan pembayaran melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) yang mencapai puluhan miliar.

Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran mengungkapkan bahwa klaim BPJS Kesehatan mengalami keterlambatan sejak bulan Juni lalu. "Saat ini klaim untuk BPJS Kesehatan bulan Juni belum terbayarkan, dan sudah jatuh tempo," ungkap dr Pudji saat diwawancarai di RSUD Jombang, Jl KH Wahid Hasyim, Kecamatan/Kabupaten Jombang, Rabu (19/9).

Tidak tanggung-tanggung, keterlambatan pembayaran oleh BPJS Kesehatan itu, disebutkan dr Pudji hingga mencapai puluhan miliar pada setiap bulannya. "Klaim yang bulan Juni saja belum terbayarkan. Kita kan sudah melayani Juli, Agustus dan pertengahan September ini. Rata-rata klaim kita sekitar Rp 14 hingga Rp 15 miliar setiap bulannya," beber Direktur RSUD Jombang.

Kondisi yang seperti itu, sangat dikhawatirkan oleh pihak RSUD Jombang. Sebab menurut dr Pudji, 80 persen pendapatan RSUD Jombang didapat dari pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan.

"Penundaan klaim pembayaran BPJS ini, berujung pada cashflow kita terhambat, cash ratio (rasio kas, red) terganggu, cash recovery (pemulihan uang tunai, red) juga terganggu. Kondisi kas kita ditentukan oleh pendapatan dari BPJS," tegasnya.

Sementara, pihak RSUD Jombang berharap agar klaim pembayaran BPJS Kesehatan segera dilakukan pelunasan, agar tidak menghambat pelayan kesehatan di rumah sakit milik pemerintah daerah itu.

"Yang kami harapkan, BPJS segera merealisasikan pembayaran atas klaim yang sudah jatuh tempo. Agar kami tidak kelimpungan, karena yang namanya pelayanan kesehatan tidak mungkin ditunda," pungkas dr Pudji Umbaran.(*)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top