Berharap Mahasiswa Turut Kembangkan Potensi Pariwisata Jombang, Kementerian Pariwisata RI Bekali Pelatihan

Anggota Komisi X DPR RI, M Suryo Alam saat memberikan arahan kepada para mahasiswa Unipdu di acara Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Anggota Komisi X DPR RI, M Suryo Alam saat memberikan arahan kepada para mahasiswa Unipdu di acara Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES – Dalam mengembangkan potensi pariwisata di suatu daerah, dibutuhkan peran serta dari berbagai pihak. Seperti yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, yang memberikan pelatihan kepariwisataan kepada para mahasiswa di Kabupaten Jombang.

Rabu (19/9), Kementerian Pariwisata RI mengadakan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan kepada ratusan mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (Unipdu) Jombang, dan juga perwakilan mahasiswa dari sekolah tinggi maupun universitas lainnya di Kota Santri.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Sertifikasi Kompetensi Kemenpar RI, Gunawan Wimbawa SH MH mengatakan, bahwa acara tersebut bertujuan untuk mempersatukan persepsi atas pentingnya mengembangkan pariwisata.

"Para mahasiswa ini kami berikan wawasan mengenai cara memperkenalkan potensi wisata di daerahnya. Salah satunya pemanfaatan smartphone dan sosial media," ujar Gunawan saat memberikan arahan kepada para mahasiswa.

Sementara, acara pelatihan yang mengusung tema Pariwisata Goes To Campus ini, merupakan permintaan pihak DPR-RI untuk diadakan di Kabupaten Jombang. Mengingat potensi wisata di Kabupaten Jombang cukup potensial untuk dikembangkan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Anggota Komisi X DPR-RI, Mohammad Suryo Alam, yang turut hadir. "Karena kita tau potensinya itu banyak pariwisata di sini, maka kami minta program untuk pengembangan mahasiswa dalam bidang kepariwisataan. Atau meningkatkan SDM mahasiswanya melalui pelatihan-pelatihan seperti ini," tandasnya.

Selain itu, Suryo Alam juga menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat telah menyiapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam hal pengembangan pariwisata di daerah. "Pariwisata ini ada DAKnya. Tinggal Pemda (Pemerintah Daerah) dan masyarakatnya membahasnya, dan kemudian merencanakan apa, tinggal diusulkan. Kalau masalah prioritas, Jawa Timur termasuk yang diprioritaskan," ungkapnya.

Terpisah, Novia Anggraini (20), Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Bahasa (FBB) Unipdu Jombang, menyambut baik adanya pelatihan pariwisata di kampusnya. Menurut Novi, adanya Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan ini, membangkitkan spirit mahasiswa untuk ikut serta mengembangkan kotanya melalui potensi pariwisata.

"Senang sekali mas. Kami sebagai masyarakat Jombang diberikan ruang untuk untuk ikut mengembangkan kota ini lewat pariwisata. Ini tanggung jawab kita sebagai kaum pelajar untuk bertanggung jawab membesarkan Jombang," pungkas Novi saat diwawancarai.(*)?

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top