Bisa Bahasa Jawa, Bule Ini Bikin Geger Kampung Warna-warni Malang, Simak Videonya

Dave Jepchott, pria asal Australia yang fasih berbahasa Jawa (foto: YouTube Londokampung)
Dave Jepchott, pria asal Australia yang fasih berbahasa Jawa (foto: YouTube Londokampung)

JOMBANGTIMES, MALANG  Kebanyakan orang Indonesia menganggap fasih berbahasa Inggris adalah sebuah kebanggaan. Tetapi ini justru tidak berlaku untuk Dave Jepchott. Pria asal Australia ini justru bangga dapat berbahasa Jawa.

Nama Dave barangkali tak asing lagi bagi  pengikut chanel YouTube, Londokampung. Chanel dengan 400.000 lebih subscribers itu 'mengerjai' banyak orang Indonesia. Lewat video kocaknya, Dave ingin memotivasi orang untuk belajar bahasa Inggris sekaligus tak melupakan bahasa daerah.

Dikutip dari IDN TIMES, Dave mengaku belajar bahasa Jawa Suroboyo-an lantaran masa kecilnya dihabiskan di Kota Pahlawan itu. Meski fasih bahasa Jawa Ngoko, Dave masih ingin terus mendalami bahasa Jawa halus.

Dalam sebuah video yang ia unggah pada 11 Mei lalu itu Dave bertandang ke Kampung Warna-warni di kawasan Jodipan, Kota Malang.

Nah, awalnya dia bertanya kepada warga sekitar menggunakan bahasa Inggris. Usut punya usut ternyata banyak warga kesulitan menjawab dengan bahasa Inggris. Alhasil, Dave lalu 'pamer' bahasa Jawa. Berikut video kocaknya yang sudah ditonton 200.000 viewers lebih itu.

Kepada awak media, Dave mengaku ia punya harapan. "Saya berharap orang Indonesia jangan sampai melupakan atau menganggap remeh bahasa-bahasa daerah di Indonesia," tandas dia sebagaimana dikutip dari IDN TIMES. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top