Kura-Kura Lucu Ini Penghuni Baru Predator Fun Park Batu

Kura-kura Sulcata saat berada di kandangnya di Predator Fun Park, Selasa (22/5/2018) (Foto : Irsya Richa/BatuTIMES)
Kura-kura Sulcata saat berada di kandangnya di Predator Fun Park, Selasa (22/5/2018) (Foto : Irsya Richa/BatuTIMES)

JOMBANGTIMES, BATU – Untuk menambah sarana edukasi, Predator Fun Park menambah koleksi reptilnya lagi. Ada dua reptil yang menjadi keluarga baru yakni kura-kura Sulcata asal Afrika Utara.

Dua koleksi baru Kura-Kura Sulcata berjenis kelamin jantan dan betina. Untuk berat kura-kura betina 45 kilogram, sedangkan yang jantan 50 kilogram.

Biasanya untuk kura-kura sulcata dewasa dapat mencapai berat hampir 200 pound atau sekitar 90 kilogram.

Yang cukup unik dibandingkan dengan kura-kura jenis lainnya, ternyata Sulcata memiliki warna lebih terang dengan motif yang lebih bagus. 

“Corak dan bentuknya kelihatan kuat dari yang lainnya,” ungkap Muhammad Ismail Anhar, Keeper Predator Fun Park, Selasa (22/5/2018).

Kura-kura ini merupakan habitat asli gurun sahara sehingga cenderung terbiasa dengan cuaca panas. Sementara, di Kota Batu cuacanya cenderung dingin sehingga nantinya diprediksi akan berpengaruh pada sistem reproduksinya.

Kura-kura ini untuk reproduksi mampu bertelur 15-42 butir. Selain lama untuk masa reproduksinya, jumlah telur akan berkurang. Namun pihak Predator Fun Park tentunya akan berupaya agar reproduksi bisa maksimal.

“Karena habitat asli mereka cuacanya panas. Mungkin berpengaruh pada sistem reproduksinya. Bisa lebih lama dan jumlah telur tidak banyak,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Setiap harinya Sulcat mengonsumsi makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan tumbuhan. Namun di Predator Fun Park mereka lebih sering diberi makan sawi, wortel, dan ketela. 

“Kami memberi makannya setiap pagi dan sore hari. Sayuran kami beri sawi sama wortel. Untuk ubi-ubian lebih pada pemberian kalsiumnya,” jelas Ismail.

Menurutnya pihaknya juga tidak memberi terlalu banyak air, karena bisa mengakibatkan pilek atau kematian. Kondisi kandang harus benar-benar kering. 

Ia menjelaskan penambahan koleksi ini tentunya untuk sarana menambah edukasi kepada anak-anak khususnya yang saat ini duduk dibangku TK. Karena kebanyakan pengunjung yang datang rata-rata para pelajar TK.

Sementara itu dengan hadirnya dua kura-kura sulcata ini koleksi kura-kura menjadi 13 ekor. Rincinyannya kura-kura emys 4 ekor, aligator snapping turtle 3 ekor dan kura-kura moncong babi 2 ekor, dan kura-kura brazil 4 ekor.

Selain itu predator fun park juga memberikan diskon tiket masuk sebesar 40 persen untuk periode 14 Mei-10 Juni 2018 yakni yang awalnya Rp 50 ribu menjadi Rp 30 ribu.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top