Situs Sugihwaras Peninggalan Pra-Majapahit?

Tim Pelestari Sejarah-Budaya Kadhiri (Pasak) didampingi Kepala Desa setempat saat melakukan observasi situs Sugihwaras pada Sabtu (31/12/2016). (Foto: Istimewa Pasak)
Tim Pelestari Sejarah-Budaya Kadhiri (Pasak) didampingi Kepala Desa setempat saat melakukan observasi situs Sugihwaras pada Sabtu (31/12/2016). (Foto: Istimewa Pasak)

JOMBANGTIMES – Struktur bangunan kuno yang ditemukan di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang diduga merupakan peninggalan dari zaman pra-Majapahit.

Hal ini disampaikan Ketua Pelestari Sejarah-Budaya Kadhiri (Pasak), Novi BMW, Jumat (6/1/2017) sore .

Menurutnya, sejumlah temuan di Jombang teridentifikasi cukup kuno. Misal Istana Watugaluh Raja Sindok hingga Dharmawangsa yang diidentifikasi berada di wilayah Jombang.

“Kemudian masa Raja Airlangga prasastinya tersebar di Jombang bagian utara. Hingga Masa Majapahit kita temukan beberapa candi pada masanya. Ada kemungkinan situs Sugihwaras merupakan kontinuitas budaya antar masa kerajaan-kerajaan tersebut,” papar Novi.

Namun demikian, kata Novi, pihaknya tidak berani memastikan usia bangunan kuno itu. Temuan artefak itu perlu dianalisis terlebih dahulu oleh arkeolog.

“Untuk waktu, belum dapat diungkap karena secara artefaktual yang menyatakan tahun belum ada,” jelasnya.

Novi mengatakan, temuan struktur bangunan di Sugihwaras itu cukup unik. Terbukti dengan ditemukannya dasar pondasi dengan struktur selatan lebih rendah dari pada dasar pondasi sisi barat.

“Ada indikasi bahwa struktur dahulu dibangun pada topografi yg berbeda, berundak undak,” ujarnya.

Soal tindak lanjut temuan itu, Novi mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang segera membentuk Tim Ahli Cagat Budaya sesuai dengan amanat undang-undang nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

“Dibutuhkan kordinasi yang lebih serius antar stakeholder terkait dengan pelestarian dan pemanfaatan situs Sugihwaras. Baik untuk kepentingan ilmu pengetahuan, budaya serta ekonomis yang berupa wisata budaya,” pungkas Novi. (*)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Jombang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jombangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jombangtimes.com | marketing[at]jombangtimes.com
Top